Tetap Cantik & Bugar di Bulan Puasa Ramadhan


Tak terasa ya Ramadhan kali ini sudah memasuki 10 hari terakhir. Hari-hari yang kita harapkan akan menjadi hari-hari terbaik kita di akhir Ramadhan. Nah nge-blog bareng Komunitas Bengkel Diri kali ini temanya bagaimana caranya agar tetap cantik dan sehat di bulan Ramadhan. Tak ada kata terlambat yaa, meskipun sudah di akhir Ramadhan, namun tips-tips ini insyaaAllah tetap akan bisa kita terapkan kapanpun.

Sebelumnya, aku akan cerita sedikit bahwa aku sekarang sedang mulai belajar gaya hidup sehat dengan berganti ke skincare organik. Selain organik, packaging-nya sebisa mungkin yang bisa digunakan kembali, meminimalisir penggunaan plastik sehingga bisa sekalian belajar sustainable living. Juga, meminimalisir penggunaan skincare dengan hanya menggunakan yang kulit kita butuhkan saja. Tak perlu banyak step jika memang kulit kita tidak membutuhkannya.

Ketika puasa, kita akan cenderung merasa kulit kering, lemas, dehidrasi, sehingga tidak bersemangat. Berikut ini beberapa tips agar kita tetap cantik & bugar selama puasa Ramadhan :

1. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Jika sebelum Ramadhan kita biasanya tidur terlalu larut karena pekerjaan yang masih harus dikerjakan, saat puasa Ramadhan usahakan untuk tidur lebih awal. Karena kita perlu bangun lebih awal untuk mempersiapkan sahur. Jika perlu, agendakan power nap atau tidur siang singkat sekitar 30 sampai 40 menit agar tidur bisa berkualitas meski sebentar. Jika kita kurang istirahat, kurang tidur, bisa mengakibatkan mata panda yang membuat wajah menjadi tampak tidak segar. Istirahat/tidur cukup bisa membantu membuat kulit tampak sehat.

2. Rajin Membersihkan Kulit
Jangan lupa untuk tetap rajin membersihkan muka dan rajin mandi meski Work From Home ;)
Dengan kulit yang bersih, akan tetap terjaga kesehatannya dan badan serta wajahpun selalu tampak segar. Gunakan pula pencuci muka & badan yang bebas sabun dan mengandung bahan-bahan alami sehingga kulit tidak kering dan tetap terjaga kelembabannya.



3. Menggunakan Pelembab Wajah & Badan yang Mengandung Tabir Surya
Pelembab membantu mengembalikan kelembaban kulit dari luar akibat berkurangnya asupan air ke dalam tubuh kita. Jangan lupa menggunakan toner terlebih dahulu segera setelah cuci muka dan sesegera mungkin aplikasikan pelembab muka agar kelembabannya terkunci. Begitu pula pelembab badan (body lotion) oleskan sesegera mungkin setelah mandi. Pilih pelembab yang organik karena bahan-bahannya yang alami membuat kulit lebih bahagia.
Kenapa harus mengandung tabir surya? Karena kulit kita perlu perlindungan dari bahaya radiasi sinar UV matahari yang bisa menyebabkan bintik & flek hitam serta meningkatnya radikal bebas di kulit sehingga menyebabkan keriput dan kulit kering.

4. Banyak Konsumsi Air Putih
Ini sangat penting karena tubuh kita membutuhkan asupan cairan agar tetap terhidrasi. Sekitar 70% komposisi tubuh manusia adalah air. Jadi, asupan air yang cukup akan menjaga kelembaban tubuh/kulit kita supaya tidak kering. Bahkan banyak konsumsi air putih juga bisa sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh sebab mudah diserap oleh tubuh sehingga sangat dibutuhkan organ ginjal dalam mempercepat keluarnya racun dari tubuh. Konsumsi air putih yang cukup juga bisa membantu merontokkan flek hitam pada wajah akibat radikal bebas, polusi, ataupun paparan sinar matahari. Asupan cairan yang paling baik adalah air putih karena merupakan bahan bakar yang penting bagi seluruh organ.

5. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur saat Sahur dan Berbuka Puasa
Terkait dengan hal ini, saat ini aku sedang melakukan diet dengan makan sehat ala #JSR (Jurus Sehat Rasulullah) yang dipopulerkan oleh dr. Zaidul Akbar. Jadi selama 5 hari aku sebisa mungkin menghindari makan nasi, gula pasir, tepung, dan makanan yang digoreng dengan minyak sawit. Diganti dengan minyak kelapa murni. Sabtu-Minggu baru cheating makan nasi itupun sedikit ketika buka puasa saja.  Lalu kalau kepengen gorengan atau mie ya makan tapi sudah tidak sebanyak biasanya. Gula juga begitu, sudah jarang, kalau pengen manis pakai gula kelapa. Alhamdulillaah puasa lancar, gak berasa lapar parah seperti puasa-puasa sebelumnya ;)
Kenapa keempat makanan tersebut perlu dikurangi? Kapan-kapan aku akan rangkum pembahasannya ya teman-teman. Yang pasti makanan-makanan tersebut mengacaukan sinyal-sinyal ke otak. Dan jika tubuh sudah mengirimkan sinyal-sinyal yang salah, yang keliru, akan membuat masalah dan mengakibatkan leaky gut. Apa iti? Nakita.id menjelaskan Leaky Gut Syndrome alias sindrom usus bocor adalah kondisi di mana lapisan usus kecil menjadi rusak. Sehingga menyebabkan partikel makanan yang tidak tercerna, produk limbah beracun dan bakteri "bocor" melalui usus dan membanjiri aliran darah.

6. Olahraga Ringan
Olahraga seperti berjalan kaki di pagi hari selain mencegah untuk tidur kembali pasca subuh juga membuat badan terasa bugar dan semangat untuk melanjutkan aktivitas pagi yang lain. Tapi jangan terlalu capek ya, cukup untuk menggerakkan badan saja. Atau yoga dengan gerakan sederhana memiliki manfaat untuk membuat pikiran lebih rileks sehingga beban pikiran dapat berkurang. Beberapa orang juga melakukan olahraga jelang berbuka agar ketika merasa lelah dekat dengan waktu berbuka atau sekedar mengisi waktu menunggu berbuka puasa.

Demikian beberapa tips agar tetap cantik dan bugar selama berpuasa. Semoga bermanfaat dan membuat kita tetap bersemangat walau sedang berpuaasa.


Comments

  1. Wah lagi diet JSR ya..ramadhan taun lalu sy gitu, turun 2 kg 😅 trus kesini2 ga komit lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..., tp semoga saya gak turun BBnya, biar bertahan saja 😁

      Delete
  2. Bismillah.. semoga bisa semangat terus dan saling menyemangati yaaa

    ReplyDelete
  3. Power Nap oh power nap, susah binggo bagi ibu beranak piyik 😅 pengen tidur saat anak tidur malah scroll ig, saat dah ngantuk eh anak bangun gagal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihiii.... Iya mbak sosmed itu sering jadi penggagal bobok siang 😁

      Delete
  4. olaharaga ringan jadi peer menantang buat aku nich😌

    ReplyDelete
  5. Bulan ramadhan ini sebisa mungkin memperbaiki pola hidup yang lebih sehat ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak... Tp godaannya lebih besar. Karena udah puasa ramadhan plus puasa gorengan, gula....dudududuuu 👻

      Delete
  6. Memulainya agak berat y mba..tapi InsyaAllah latihan di bulan Ramadhan ini bisa Kita lanjutkan di bukan2 berikutnya

    ReplyDelete
  7. Mba, aku tertarik sama tulisan ini skincare organik, packaging-nya sebisa mungkin yang bisa digunakan kembali,sama belajar sustainable living. Semoga Mba ada waktu buat nge link in kata-kata itu ke penjelasan dan contoh yang lebih detail lagi ya Mba 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaaAllah mbak.... Baru mulai belajar inii 🙏

      Delete
  8. Waaah ditunggu rangkumannya mba atau sekalian bikin jurnal diet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihiiii.... Sedang mengumpulkan bahan mbak 😂

      Delete
  9. MasyaAllah semangat diet sehatnya, demi sehat raga dan qalbu ❤️

    ReplyDelete
  10. "Tak perlu banyak step jika memang kulit kita tidak membutuhkannya." Setuju banget iniii! Kenali kebutuhan tubuh dan kulit sendiri ya mba 💕💕

    ReplyDelete
  11. aku lumayan banyak pakai skincare, tapi baru kepikiran soal skincare organik. makasiiiih sharing nya mbak 🤗

    ReplyDelete
  12. Aku kok jdi penasaran ma skincare organik nya mba, kapan2 boleh di share donk mba

    ReplyDelete
  13. Baru paham ada istilah leaky gut 😢 Jadi khawatir dengan pola hidup selama ini yang suka banget karbo (nasi, tepung2an).. Mdh2an masih ada waktu untuk memperbaiki.. Makasi mbaa ilmunya..

    ReplyDelete
  14. Kuncinya memang kudu sabar dan konsisten ya. Nah itu yang susah. Tapi Insya Allah klo diniatkan lagi bisa ya. Bismillah. Btw, nice tips

    ReplyDelete
  15. Aku ngikut pola JSR baru sampe minum rimpang-rimpangan mba. Kalau untuk nasi, masih susah. Semoga nanti bisa ya mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

AWAS!! Buang Makanan Bikin Mamak Baper