Posts

Jalan-Jalan ke Goa Gong & Pantai Klayar Pacitan

Image
Bismillah.... Hai teman-teman.... Ini pertama kalinya aku cerita tentang acara jalan-jalan aku. Sebenarnya aku dan temen-temenku sangaaat suka jalan-jalan. Kadang kalau ada sodara yang lagi selo alias lagi libur gak ada pekerjaan aku juga suka nyamperin dan ngajakin jalan. Pernah ke Jakarta sendirian waktu itu dengan kereta pagi dan hanya bengong karena gak bisa tidur. Agak takut karena belum pernah ke luar kota sendirian. Meski cuma sendirian hanya saat di kereta, tapi tetep saja deg-degan ;D Alhamdulillaah sampai di Jakarta disambut adik dan diantar keliling Jakarta. Setelah waktu libur adikku selesai, aku ketagihan jalan-jalan dan lanjut ke Bandung dengan kereta sehabis subuh nyamperin sepupuku. Tentu, langsung jalan-jalan juga kami, langsung ke Kawah Putih. Dan karena saat itu week days, Kawah Putih sepi tapi kami justru puas menikmati suasana dan berhasil mengabadikan banyak foto yang keren. Alhamdulillaah ;) Dan kalau sama temen-temen., ahh sudah beberapa tempat kami datangi tapi …

Kisah Sahabiyah Syifa binti Abdullah Al-Adawiah Al-Qurasyiah, Pengajar Tulis & Baca

Assalamu'alaikum..... Kali ini ketemu dengan teman-teman lewat agenda nge-blog bareng Komunitas Blogger Bengkel Diri dengan tema "Sirah Sahabiyah". Saya mengangkat kisah Syifa binti Abdullah Al-Adawiah Al-Qurasyiah karena beliau adalah sahabat wanita terkemuka, dan pada jaman Jahiliah sudah pandai tulis-baca padahal saat itu hanya segelintir wanita yang diperbolehkan menulis dan membaca. Setelah masuk Islam, beliau mengajari Hafshah istri Rasulullah menulis dan membaca. Hafshah memberikan karya besar bagi Islam dengan terkumpulnya Al-Qur’an di tangannya setelah mengalami penghapusan karena Hafshah merupakan satu-satunya istri Rasulullah yang pandai menulis dan membaca. Dan Rasulullah memberikan kepada Syifa binti Abdullah Al-Adawiah Al-Qurasyiah sebuah rumah di Madinah.
Menurut Ahmad bin Soleh Al-Misri, nama sebenarnya dari Syifa binti Abdullah Al-Adawiah Al-Qurasyiah adalah Laila, tetapi lebih dikenal sebagai Asy-Syifa’. Beliau memiliki nama julukan, yaitu Ummu Sulaiman. S…

AWAS!! Buang Makanan Bikin Mamak Baper

Image
Sebelumnya aku mau tanya nih moms, pasti nggak cuma aku saja ya yang sedih dan eman-eman kalau ada makanan sisa trus kebuang kan? Selain karena makanan itu belinya pakai uang (meskipun pakai uang suami kan ya?), juga jadi sebel aja karena sudah capek masak ehh ujung-ujungnya cuma nggak kemakan. Dibuang mubadzir, tapi kalau dihabisin sendiri suka overload isi perutnya. Alhasil hanya berakhir dibuang.
Dari sebelum jadi mamak-mamak alias istri, aku paling sebel buang-buang makanan. Mungkin dulu sekali pernah buang-buang makanan. Saat masih jadi anak kuliahan yang cuma ngandelin makan dari uang orang tua. Kalau jajan suka nggak dihabisin makanannya alasannya kekenyangan. Padahal kalau sudah tahu porsinya besar kan harusnya bisa minta separo porsi saja. Atau bisa juga dibungkus, tapi dulu sayangnya nggak pernah bawa kotak makan dan gengsi buat minta dibungkusin. Tapi setelah ngerasain cari uang sendiri dan hidup sendiri, ngerasain rasanya bertahan hidup dengan gaji yang cukup pas banget buat …

Appreciate What You Have, Be Thankful and Stop Complaining

Terkadang, kenyataan tak seperti yang kita bayangkan atau harapkan lebih tepatnya.Lalu, apakah kita hendak menyalahkan Sang Maha Kuasa?
Sebelum itu, mari kita lihat ke dalam diri kita sendiri. Kita dianugerahi segala sesuatu oleh Sang Maha Kuasa yang tentu saja berkuasa terhadap diri kita. Pencipta kita, Tuan kita. Maka, sudah sepantasnya kalau Dia menetapkan sesuatu untuk kita sesuai kehendakNya. Apakah kita akan marah kalau yang ditetapkanNya tak sesuai harapan kita? Sedangkan kita ini hanyalah hamba, yang telah diaturNya kehidupan kita sesuai yang Dia kehendaki dan itu tentu saja menurutNya yang terbaik untuk hidup kita.
Kemudian, bukankah kita bisa mengubah takdir?  Lantas lihatlah ke dalam diri, sudahkah kita berbuat seperti yang Pencipta kita perintahkan kepada kita? Sudahkah kita sepenuhnya menunaikan kewajiban kita sebagai hambaNya dan memenuhi hakNya sebagai Tuhan kita? "Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabul…

HUKUM & HIKMAH PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL

Streamed live on YouTube 27 May 2020  Oleh : Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri  Dalam Surat Al-Insyiroh ada sebuah pesan dari Allah SWT, ada sebuah konsep hidup, ada sebuah pola. Allah SWT berfirman : “Dan apabila engkau telah selesai mengerjakan sebuah amalan, sebuah aktivitas positif, sebuah ibadah, maka segera menuju amalan berikutnya, segera menuju ibadah berikutnya, segera menuju aktivitas positif berikutnya. Dan hanya kepada Allahlah kita harus berharap.”Setelah kita menyelesaikan seluruh ibadah khususnya di bulan Ramadhan, maka beralihlah ke amalan berikutnya. Dan salah satu amalan yang telah menanti kita, bagi yang belum mengerjakan sampai hari ini, atau yang sudah bersamaan di tengah-tengah kita, atau bagi yang sudah dulu start tapi masih butuh ilmu tetang amalan ibadah ini adalah “puasa 6 hari di bulan Syawal”. Sebuah amalan yang sangat unik, sangat menarik, dan sangat luar biasa. Amalan ini lahir dari sabda Nabi kita Muhammad SAW. Dari hadist yang semakin popular dari tahun ke t…

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Image
Selamat Idul Fitri 1441 H Mohon maaf lahir & bathin atas semua salah & khilaf.

Kali ini nge-blog bareng Komunitas Blogger Bengkel Diri temanya "Silaturahmi di tengah covid-19". Jadi aku akan share pengalaman lebaran keluarga kami tahun ini yang MaasyaaAllah....rasanya nano-nano. Ramadhan & Lebaran pertama bareng suami, qodarulloh di tengah pandemi covid-19.

Lebaran tahun ini sangat berbeda, sama seperti Ramadhan kemarin, rasanya sepi. Jalan di depan rumah yang biasanya ketika lebaran sampai tak bisa nyebrang karena ramainya lalu-lalang kendaraan, kemarin begitu lengang. Bahkan rumahpun sepi (pengen nangis). Biasanya ramai semua saudara pulang kampung, lebaran ini adik & ipar, keponakan, juga sepupu tak bisa pulang. Sholat ied yang biasanya dilaksanakan di lapangan, bertemu teman masa SD, bertemu sahabat masa kecil, tahun ini dilaksanakan terbatas orang-orang terdekat saja.
Namun, meski tak semua bisa berkumpul seperti biasanya, masih ada video call, meski tak beg…

Ramadhan, Momen yang Tepat Membentuk Habit yang Positif

Image
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Shiyaamanna wa shiyaamakum. Taqabbal ya Kariim. Mohon maaf lahir & batin atas semua salah dan khilaf dalam berinteraksi secara online. Semoga amal ibadah kita selama Ramadhan kemarin diterima Allah SWT dan kita diberi kesempatan untuk kembali bertemu Ramadhan di tahun depan. Aamiin ya mujiibassa'iliin. Source : PinterestMeski Ramadhan telah berlalu, namun sangat besar harapan diri untuk tetap istiqomah dalam menjalankan ibadah-ibadah wajib di awal waktu maupun ibadah-ibadah sunnah tambahan yang selalu kita usahakan selama Ramadhan kemarin.  Pun tak surut niat ibadah tersebut hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT dan mendapatkan cinta serta sayang Allah SWT serta Rasulullah Muhammad SAW sebagai wujud rasa syukur kita terhadap segala yang telah Allah beri kepada kita. 
Allah SWT berfirman : “Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kep…